Vacuum Gauge Atau Suction Gauge Pada Instrument Pesawat Terbang

Posted on

#VacuumGauge #SuctionGauge #VacummPump #Auxilliary #Instrument

Vacuum gauge/suction gauge | Vacuum gauge (suction gauge) adalah indicator yang berguna untuk menunjukkan besarnya pengurangan tekanan udara atau menunjukkan jumlah tekanan kerendahan dari udara vacuum pressure yang dihasilkan oleh vacuum pump.

Vacuum pump adalah peralatan yang digunakan untuk menggerakkan gyroscope yang terdapat dalam directional gyroscopic indicator dan artifisial horizontal indicator.

Skala penunjukkan pada pengukur kevakuman menggunakan satuan inch of mercury (Inch Hg) dengan limitasi antara 0 – 10 (normally 4,5 – 5,4 Inch Hg).

Cara kerja sistem pengukur kevakuman pada vacuum gauge atau suction gauge:

  1. Pengukur kevakuman adalah indicator yang terdiri dari sebuah diaphragma yang dihubungkan dengan saluran vakum ke vacuum pump, DGI dan AHI.
  2. Bila engine bekerja, maka vacuum pump juga bekerja untuk menghisap udara di dalam dgi, ahi dan suction gage. Maka DGI dan AHI dan suction gage juga bekerja.
  3. Akibat berkurangnya tekanan udara di dalam diaphragma suction gage, menyebabkan diapraghma mengempis. Gerakan ini diteruskan ke rocking shaft, gear unit, hair spring, yang akhirnya menggerakkan jarum penunjukkan dial pointer pada indicator ke suatu harga kevakuman.
  4. Adapun sumber udara yang dihisap adalah udara dari cockpit pesawat terbang, dimana besar-kecilnya hisapan udara dapat diatur dengan menyetel sebuah suction regulating valve.
suction gauge

Baca juga artikel yang membahas tentang Flaps Position Indicator Pada Auxilliary Instrument Pesawat Udara ya.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk