Landing Gears Position Indicator Pada Auxilliary Instrument Pesawat Udara

Posted on

#LandingGears #Indicator #Auxilliary #Miscellaneous #Instrument

Landing gears position | Landing gears position indicator berfungsi untuk menunjukkan posisi landing gears dalam keadaan “UP LOCK” atau “DOWN LOCK”.

Gerakan landing gears pada saat ”UP” atau “DOWN” digerakkan oleh sebuah motor listrik dengan menggunakan arus listrik DC.

Dalam keadaan darurat, karena landing gears dapat digerakkan secara manual dengan cara memutar cranking handle yang ada di cockpit depan, yang hanya dapat digunakan untuk “Landing Gears Down”.

Konstruksinya terdiri dari landing gears position

  1. Motor Landing Gears.
  2. Indicator.
  3. Contact Arm.
  4. Locked Switch.
  5. Transmitter.
  6. Kabel-Kabel Penghubung Arus Listrik.

Landing Gears memiliki beberapa posisi yang dapat dilihat pada Indicator

  • Tulisan “UP” berarti landing gears berada pada posisi terlipat ke atas (retractable) dan LOCKED.
  • Gambar “DOWN” berarti landing gears berada pada posisi memanjang ke bawah (full down) dan LOCKED.
  • Gambar “ZEBRA CROSS ////” berarti landing gears dalam keadaan transisi atau batteray off (burble). berada pada posisi tidak aman serta tidak terkunci (trouble).

Warning pada landing gears position indicator

  • Whell Warning Light. Lampu ini berada ditengah bagian kiri atas dari instrument panel yang berfungsi memberikan nyala lampu saat akan melakukan pendaratan agar segera penerbang mengaktifkan landing gear down. Lampu akan mati dengan sendirinya apabila L/G sudah pada posisi DOWN dan lock.
  • Master Caution Light. Juga berupa lampu merah yang berada di tengah-tengah bersebelahan dengan wheel warning light. Master caution light akan menyala bila sistem landing gear saat transisi atau mengalami trouble /kondisi burble. Lampu ini juga akan menyala bila setiap sistem apapun dalam pesawat terbang mengalami /terjadi suatu gangguan kerusakan.
  • L/G handle Light. Lampu yang berada di dalam landing gear handle. Lampu akan menyala saat L/G posisi transisi. Lampu akan mati apabila posisi L/G sudah pada posisi UP lock maupun DOWN lock. Lampu ini akan terus menyala apabila salah satu dari ketiga landing gear mengalami “burble”.
  • Horn berfungsi sebagai pemberi peringatan berupa suara bekerja secara bersamaan dengan wheel warning Light. Horn akan berherti bersuara dengan sendirinya apabila posisi L/G sudah pada posisi UP lock maupun DOWN lock. Suara horn dapat dihilangkan saat bersuara dengan menekan switch horn SILENCE yang terletak di panel sebelah kiri dari instrument panel.

Cara kerja landing gears position indicator hampir sama dengan flap position indicator. Hanya saja, pada rangkaian landing gears position indicator ditambahkan sebuah lock switch.

cara kerja landing gears position indicator

Kegunaan dari rangkaian tambahan ini adalah untuk menunjukan kalau landing gear sudah dalam keadaan UP dan locked atau DOWN dan locked. Lock-switch ini dihubungkan dengan ketiga kawat penghubung antara transmitter dan indicator.

Baca juga artikel yang membahas tentang Angle Of Attack Indicator (AOA) Pada Miscellaneous Instrument Pesawat Udara ya.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk