Directional Gyro Indicator Pada Flight Instrument PEsawat Udara

Posted on

#DGI #Gyro #GyroIndicator ##DirectionalGyro #FlightInstrument #PesawatTerbang

Directional gyro indicator | Directional gyro indicator (DGI) digunakan untuk mengetahui atau menunjukkan arah pesawat selama dalam penerbangannya (seperti halnya magnetic compass indicator) dan memberi informasi kepada penerbang tentang besarnya derajat penyimpangan dari arah semula.

Directional gyro indicator merupakan kompas buatan.

directional gyro indicator

DGI bisa disebut kompas buatan atau kompas navigasi. DGI menggunakan gyroscope sebagai sumber tenaga penggeraknya, dimana gyro tersebut dapat digerakkan dengan vacuum pump atau dengan electrical system.

cara kerja konstruksi mekanik DGI

Skala penunjukkan pada DGI adalah suatu plat logam yang mempunyai derajat 360°, dimana setiap garis berinterval 5° (seperti halnya magnetic compass), dan dilengkapi dengan lubber line (garis penuntun) sebagai pedoman pembacaan. Penyimpangan penunjukkan pada DGI tidak boleh melebihi 5°.

Dengan menekan dan memutar tombol pada indicator, skala penunjukkan dapat diselaraskan dengan magnetic compass indicator.

Dalam fungsinya sebagai penunjuk arah, directional gyro indicator lebih baik daripada magnetic compass, dimana DGI tanpa banyak mengalami gangguan maupun kesalahan yang disebabkan adanya leading (keterdepanan) atau lagging (keterbelakangan) seperti halnya yang dialami oleh magnetic compass.

Baca juga artikel yang membahas tentang Artifisial Horizontal Indicator (AHI) Pada Flight Instrument Pesawat Udara yang merupakan masih bagian dari kelompok flight instrument pesawat terbang.

Keunggulan DGI bila dibandingkan dengan magnetic compass indicator adalah sebagai berikut :

  • DGI tidak terpengaruh oleh gaya kemagnetan.
  • Bebas dari ayunan dan penunjukannya sangat peka.
  • Penunjukkan Indicator tidak terpengaruh oleh gerakan pesawat pada saat : Pesawat melakukan gerakan rolling, pesawat melakukan gerakan pitching, pesawat melakukan gerakan yawing.
Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk