Machmeter Indicator Pada Flight Instrument Pesawat Udara

Posted on

#MachMeter #MachNumber #FlightInstrument #KecepatanSuara

Machmeter indicator | Machmeter adalah juga pengukur kecepatan pesawat terbang yang menunjukkan perbandingan antara True Air Speed (TAS) dengan kecepatan suara (Speed Of Sound) secara terus menerus.

Mach number dari suatu pesawat terbang di definisikan sebagai suatu perbandingan True Air Speed (TAS) terhadap kecepatan suara di suatu ketinggian dimana pesawat sedang terbang. Perbandingan ini dinyatakan dalam angka decimal.

machmeter indicator

Penunjukkan mach number sangat penting bagi seorang penerbang pesawat modern yang berkecepatan tinggi, karena “CRITICAL MACH NUMBER” pesawat terbang bersangkutan tidak boleh dilampaui demi faktor keamanan dalam penerbangan.

Bila dilampaui akan ada molekul-molekul udara yang memberikan tekanan yang besar pada “FUSELAGE SKIN” atau disebut “SHOCK WAVE” yang berakibat pesawat akan bergetar dan sulit dikendalikan lagi.

Mach number tidak tergantung pada temperature udara, akan tetapi hanya tergantung dari tekanan pitot dan tekanan statik saja.

Bisa dirumuskan dengan M= (True Air Speed)/(Speed Of Sound)= V/a

Mekanisme machmeter indicator terdiri dari 2 diafragma. Diafragma pertama adalah yang mengukur perbedaan tekanan dinamis (pitot) dan tekanan statik (seperti pada ASI) yang disebut dengan disebut airspeed diafragma. Diafragma kedua adalah yang mengukur perbedaan tekanan statik dengan vakum (seperti pada altimeter) yang disebut dengan altitude diafragma. Kalau dua diafragma tersebut, dimasukan ke dalam sebuah case instrumen yang kedap udara dan dihubungkan dengan static vent, maka akan didapat mach number (M).

mekanisme cara kerja machmeter

Pengembangan dari airspeed diafragma dan altitude diafragma diteruskan melalui mainshaft dan ringing arm ke ratio arm dan ke jarum penunjukan dial pointer. Hubungan mekanisme tersebut dibentuk sedemikian rupa sehingga gerakan dari pointer sebanding dengan angka mach (M).

Baca juga artikel tentang Airspeed Indicator (ASI) Pada Flight Instrument Pesawat Udara yang merupakan masih bagian dari kelompok flight instrument pesawat terbang.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk