Torquemeter Indicator Pada Engine Instrument Pesawat Udara

Posted on

#TorqueMeter #PistonEngine #Indicator #Instrument #EngineInstrument

Torquemeter | Torquemeter Indicator yang berfungsi untuk mengetahui tenaga dari engine dengan cara mengukur tekanan yang ditimbulkan oleh torquemeter system.

Torquemeter system merupakan bagian dari mesin itu sendiri dan terdapat di dalam reduction gear assembly di antara crankshaft dan propeller shaft.

skema torquemeter

Konstruksi dari sistem ini tergantung dari jenis engine, akan tetapi prinsip dan sistem kerjanya sama yaitu dengan tendensi berputar beberapa bagian dari reduction gear yang kemudian ditahan oleh piston pada hydraulic cylinder yang ditempatkan pada case gear.

Oil dari engine oil system dialirkan ke dalam cylinder melalui sebuah pompa torquemeter yang khusus dan menyerap (absorb) beban yang disebabkan gerakan piston. Oil di dalam silinder menghasilkan tekanan yang sebanding dengan beban atau torque yang ditimbulkan oleh engine dan tekanan ini dipindahkan ke suatu torque pressure indicator yang terdapat di panel instrumen.

Setiap penambahan power dari engine akan mengakibatkan torque bertambah. Dengan demikian beban pada piston bertambah dan piston bergerak menutup lubang bleed.

Dengan semakin menutupnya lubang bleed, maka tekanan oil di dalam cylinder bertambah dan penunjukan pada indikator bertambah. Apabila beban atau torque tersebut sudah seimbang dengan tekanan oil, maka piston berhenti bergerak dan gerakan pointer juga berhenti pada posisi terakhir ini.

Baca juga bahasan materi tentang Fuel Flow Indicator Pada Engine Instrument Pesawat Udara yang merupakan masih bagian dari engine instrument pesawat udara.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk