Exhaust Gas Temperature Indicator (EGT) Bagian Dari Engine Instrument Pesawat Udara

Posted on

#ExhaustGasTemp #Indicator #EGT #Engine #Instrument #PesawatUdara

Exhaust Gas Temp EGT | EGT digunakan untuk mengetahui temperature gas buang pada engine. EGT merupakan indikator factor yang kritis dalam pengoperasian mesin pesawat terbang. Apabila EGT naik melebihi batas yang ditentukan, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin.

Pengukuran EGT dilakukan dengan meletakkan sensor temperatur pada bagian turbin outlet temperature (TOT), atau pengukuran EGT dapat dilakukan pada turbin inlet tempetarure (TIT).

Sistim penunjukan EGT yang dipakai, umumnya adalah TOT. Hal ini karena sistim TIT mempunyai kerugian-kerugian seperti; jumlah thermokopel yang dibutuhkan lebih banyak dan temperatur sekeliling di mana thermokopel tersebut ditempatkan lebih tinggi.

Beberapa thermokopel dipasang di sekeliling turbin case dan ditempatkan pada jarak tertentu satu sama lainnya. Rangkaian thermokopel ini dihubungkan secara paralel satu sama lain. Maksud dirangkai pararel ini untuk mendapatkan rata-rata temperatur pada masing – masing thermokopel atau dengan kata lain temperatur rata-rata dari exhaust gas yang telah melewati turbin.

Untuk indikator pada exhaust gas temperature dapat mempergunakan moving coil atau moving magnet.

Untuk menambah referensi tentang bagian engine instrument, sebaiknya baca juga bahasan materi tentang Cylinder Head Temperature Indicator (CHT) Bagian Dari Engine Instrument Pesawat Udara yang masih ada kaitannya dengan instrument pesawat udara

Tegangan output dari thermokopel EGT tersebut dalam milivolt. Tegangan keluaran thermokopel ini merupakan hasil perbedaan antara hot junction dan cold junction dan kemudian arus listrik tersebut dialirkan ke indikator melalui resistor yang dapat diubah-ubah. Skala penunjukan EGT bisa mencapai suhu 1000°C.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk