Cylinder Head Temperature Indicator (CHT) Bagian Dari Engine Instrument Pesawat Udara

Posted on

#CHT #CylinderHead #TempIndicator #TempInstrument #EngineInstrument #PesawatUdara

Cylinder head temp CHT | Cylinder head temperature indicator diperlukan untuk mengetahui temperature cylinder head atau barrel pada engine yang berpendingin udara. Cylinder head temperature indicator terdiri dari sebuah indikator, thermokopel, dan thermokopel leads (kabel termokopel).

Thermokopel dipasang pada master cylinder untuk radial engines atau pada bagian cylinder head yang mendapat pendinginan paling sedikit.

Thermokopel ini terdiri dari dua buah kawat dari bahan yang berbeda yang disambungkan pada masing – masing ujungnya dengan las hingga membentuk loop akan menghasilkan perbedaan tegangan apabila terjadi perbedaan temperatur antara kedua ujung tersebut. Dalam perbedaan temperatur tersebut terdapat aliran arus listrik dari ujung yang lebih tinggi temperaturnya ke ujung yang lebih rendah temperaluruya. Sensing elemen ini disebut thermokopel.

Besarnya tegangan yang dihasilkan tergantung dari jenis logam yang dirgunakan dan besarnya perbedaan temperatur pada kedua ujungnya. Ujung kawat yang dipergunakan sebagai temperatur sensing disebut hot junction dan ujung yang dihubungkan dengan indikator disebut cold junction. Jenis-jenis kombinasi logam yang biasanya dipakai untuk termokopel ini adalah bahan dari copper – constantan dan bahan chromel – alumel.

Thermocouple leads ini mempunyai panjang yang standar yaitu 15 feet, 25 feet dan 30 feet dan masing-masing mempunyai standar tahanan sebesar 2 Ohm. Untuk mendapatkan tahanan yang seragam dengan panjang yang berbeda maka dipakai kabel yang ukurannya berbeda pula, yaitu untuk lead 15 feet dipergunakan kawat (wire) no. 16, lead 25 feet mempergunakan no. 14 dan untuk yang 35 feet digunakan no. 12.

Pengamatan secara teliti dan akurat terhadap Indicator ini sangat diperlukan, karena apabila temperature pada head cylinder terlalu tinggi, dapat menyebabkan terjadinya pembakaran dalam combusion chamber tidak sempurna (disebut Detonasi). Hal ini akan mengurangi tenaga yang dihasilkan oleh mesin dan membahayakan keselamatan penerbangan.

Baca juga dong, artikel yang membahas tentang Oil Temperature Indicator Pada Instrument Pesawat Udara. Artikel ini masih ada kaitannya dengan engine instrument pesawat udara.

Untuk mendapatkan penunjukan temperatur yang sebenarnya, maka perlu diperbandingkan terhadap perubahan temperatur pada cold junction. Cara mengatasinya dengan menggunakan bimetallic spiral spring. Ujung luar dari bimetallic spiral spring dipasangkan pada salah satu control spring dari indikator. Dengan demikian indikator ini tidak hanya digerakkan oleh voltage dari thermokopel, akan tetapi juga oleh temperatur sekeliling indikator itu sendiri.

Pemasangan thermokopel untuk cylinder head temperature indicator adalah pada spark-plug (busi) yang disebut gasket type thermocouple atau dimasukkan dalam lubang tersendiri pada cylinder head untuk bayonet type thermokopel.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk