Manifold Pressure Indicator Pada Kelompok Engine Instrument Pesawat Udara

Posted on

#ManifoldPress #Indicator #EngineInstrument #PesawatUdara

Manifold pressure indicator | Manifold pressure indicator digunakan pada pesawat yang menggunakan piston engine. Dalam piston engine, campuran fuel dan udara dalam combusion chamber sangat mempengarhui tenaga engine.

Manifold pressure indicator digunakan untuk mengetahui besarnya tekanan absolute dalam intake manifold sebelum intake valve. Indicator ini sangat penting pada pesawat terbang yang menggunakan piston engine, karena tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan sebanding dengan banyaknya campuran antara udara dan bahan bakar untuk pembakaran. Skala penunjukkan pada manifold pressure indicator menggunakan satuan Inch Hg.

Dalam skema konstruksi manifold pressure indicator. ini terdiri dari aneroid capsule dan linkage (batang penghubung) untuk meneruskan gerakan dari capsule ke jarum penunjukan dial pointer.

Tekanan manifold masuk ke capsule melalui damping tube (tabung peredam) yang terdiri dari pipa kapiler dengan bentuk melingkar pada bagian belakang rumah instrumen. Damping tube ini berguna sebagai pengaman yaitu untuk mencegah kerusakan instrumen akibat terjadinya back firing pada engine.

Selama engine tidak berputar, manifold pressure indicator memberikan penunjukan tekanan barometer setempat. Apabila engine berputar idling, maka tekanan pada manifold lebih rendah dari tekanan barometer setempat (kira-kira 12 sampai 15 inch Hg).

Sebaiknya baca juga artikel tentang Hydraulic Pressure Indicator Pada System Engine Instrument Pesawat Udara untuk menambah referensi materi yang berhubungan dengan kelompok engine instrument pesawat udara

Kerusakan manifold pressure indicator biasanya terjadi pada mekanismenya yang patah, bengkok, dsb (pointer tidak bisa bergerak), sehingga harus diganti dengan instrumen yang masih baik.

Gerakan dari kapsul (akibat adanya tekanan manifold yang masuk), akan menggerakkan batang penghubung dan selanjutnya akan menggerakkan jarum penunjukkan/Pointer pada Indicator. Pada saat mesin bekerja pada putaran rendah/Idle RPM, penunjukkan Indicator lebih rendah dari tekanan udara setempat (kira-kira 12-15 Inch Hg).

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk