Cara Penempatan Pitot Tube Dan Static Port Pada Pesawat Udara

Posted on

#PitotTube #PitotHead #StaticPort #StaticHole

Penempatan pitot tube | Pitot head atau pitot tube ini selalu diletakkan di bagian luar pesawat di mana udara mengalir dengan tenang bebas dari gangguan aliran udara (air flow disturbances) misalkan: tekanan udara yang disebabkan oleh putaran baling-baling.

Ini bertujuan agar udara yang masuk melalui lubang yang terdapat pada pitot head dan tekanan dinamis maupun tekanan statis masih murni nilainya. Artinya udara dengan tekanan-tekanan yang disebabkan oleh bagian-bagian lain dari badan pesawat tidak ikut masuk ke dalam lubang-lubang pitot head.

Pitot head ini biasanya dipasang di bagian bawah sayap atau di depan sayap (leading edge). Pada pesawat-pesawat jet kadang dipasang di bagian fuselage nose section di atas vertical stabilizer (fin). Pitot head harus dipasang sejajar dengan poros longitudinal pesawat dengan lubangnya menghadap kedepan atau kearah dari mana udara datang mengalir.

Sebaiknya baca juga artikel tentang Sistem Pemanas Pitot Head Pada Pesawat Udara untuk menambah referensi materi tentang instrument pesawat udara.

Sedangkan static vent (lubang statis) dipasang pada bagian samping badan pesawat (fuselage skin), hal ini untuk memperkecil adanya tekanan dinamis yang disebabkan gerakan yawing dari pesawat.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk