Konstruksi Pitot Tube Atau Pitot Head Pada Pesawat Udara

Posted on

#PitotTube #PitotHead #Pressure #HenryPitot

Pitot tube | Kata pitot berasal dari penemunya seorang berkebangsaan perancis yang bernama Henry Pitot. Pitot tube disebut juga pitot head atau pressure head.

Jenis-jenis tekanan udara yang ada pada pitot head adalah :

  1. Dinamic Pressure: disebut juga pitot pressure, ram pressure, impact pressure
  2. Static pressure: disebut juga ambient pressure, atmospheric pressure

Pada konstruksi dalam pitot head, terdapat lubang dibagian depan yang menghadap langsung arah aliran udara yang akan menghasilkan pitot pressure, dan terdapat juga lubang static yaitu lobang yang akan menghasilkan tekanan static. Lubang static ini berada dibagian samping dari pada pitot head, dan tidak menghadap langsung arah aliran udara.

Pada bagian pitot head juga dilengkapi dengan alat pemanas (heating element) yang berfungsi untuk menghilangkan es di sekeliling pitot head sehingga lubang-lubang yang ada tidak tertutup es. Dalam pitot head juga dilengkapi dengan water trap untuk mencegah masuknya air ke dalam sistem pitot. Bentuk pitot head disesuaikan dengan dimana pitot head tersebut akan dipasang.

Untuk menambah referensi materi tentang instrument pesawat udara, sebaiknya baca juga topik bahasan tentang Pitot Static System Yang Ada Pada Instrument Pesawat Udara agar lebih paham tentang pitot system.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk