Prinsip Dasar Teori Dan Metode Pengukuran Suhu Pada Instrument Pesawat Udara

Posted on

#AircraftTemp #Instrument #Aircraft #PengukurSuhu

Pengukuran suhu | Panas adalah suatu bentuk energi yang dimiliki benda akibat gerakan molekul-molekul benda tersebut. Semakin panas suatu benda maka semakin besar getaran dan gerakan dari molekul-molekulnya.

Besarnya (kuantitas) panas yang dimiliki suatu benda tergantung dari besarnya temperatur, massa benda dan bahan (material) benda itu sendiri.

Temperatur adalah suatu ukuran tingkat kepanasan atau kedinginan suatu benda yang tidak dapat diukur. Temperatur dari suatu benda hanya dapat dibandingkan dengan yang lain, dimana perbedaan itu dapat dilihat. Maka dari itu, nilai pengukuran temperatur adalah perbandingan dari perbedaan temperatur.

Sebaiknya baca juga artikel tentang Prinsip Dasar Teori Pengukuran Tekanan Pada Instrument Pesawat Udara untuk menambah referensi bacaan tentang instrument pesawat udara.

Metode-metode yang digunakan pada pengukuran suhu temperatur didasarkan pada perubahan-perubahan sifat beberapa benda terhadap panas, perubahan-perubahan ini dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Benda akan mengalami pemuaian (expansion) apabila temperaturnya bertambah, sehingga pengukuran temperature bias didapat dengan mengambil jumlah pengembangan yang sama untuk kenaikan temperature yang sama.
  • Benda cairan (liquids) yang apabila dinaikkan temperaturnya mengakibatkan pergerakan dari molekul-molekulnya dan akan merubah bentuk dari cairan menjadi uap. Penambahan temperature tersebut akan menghasilkan perubahan tekanan uap.
  • Benda mengalami perubahan tahanan listrik apabila terjadi perubahan temperature, dengan demikian perubahan temperature ditentukan dengan perubahan tahanan.
  • Apabila ada dua metal yang berbeda disambung jadi satu, maka akan timbul gaya gerak listrik tergantung dari perbedaan temperature antara kedua ujung sambungannya.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk