Illumination System Indicator Dan Instrument Panel Pesawat Udara

Posted on

#IlluminationSystem #IndicatorInstrument #PeneranganInstrument #LightingInstrument

Illuminations system indicator instrument pesawat udara | Pada saat penerbangan malam hari atau pada saat kondisi penglihatan (visibility) sangat buruk. Dalam menerbangkan pesawat, sangat tergantung pada indikator-indikator yang terpasang,

Untuk dapat membaca penunjukkan pada indikator secara tepat dan teliti, penerbang harus memusatkan perhatiannya secara terus menerus. Hal ini dapat menimbulkan rasa letih dan membahayakan keselamatan dalam penerbangan. Untuk itulah pesawat terbang dilengkapi dengan sistem penerangan.

Dalam sistem penerangan (illumination system/ lighting system), digunakan lampu yang sinarnya berwarna merah, karena warna merah lebih mudah diserap oleh mata dibandingkan dengan warna-warna lainnya.

Untuk menambah bahasan, sebaiknya baca juga materi tentang Panel Dan Layout Instrument Pesawat Udara agar lebih jelas.

Terdapat tiga macam jenis sistem penerangan instrument panel pada pesawat udara, yaitu :

Fluorescent dial markings and ultra violet flood lighting.
Jenis ini adalah yang pertama kali dipergunakan dalam sistem penerangan instrumen pada pesawat udara. Skala penunjukkan dan angka-angka yang terdapat pada indicator di cat dengan special fluorescent compound (bahan campuran atau senyawa yang berpijar).

Pemberian warna tersebut dimaksudkan untuk mempercepat penafsiran pembacaan skala penunjukkan dan angka-angka pada indicator tersebut.

Pillar and bridge lighting.
Pada sistem ini, tiap-tiap indicator dilengkapi dengan lampu-lampu tersendiri, sedang penyinarannya di atur oleh sebuah switch yang terletak pada bagian bawah panel.

Konstruksi pillar light assembly terdiri dari lampu pijar yang dimasukkan ke dalam selubung (housing). Selubung tersebut dilengkapi dengan sebuah baut berulir serta dapat dipasang pada rangka canopy atau rangka instrument panel dengan posisi 90°.

Bagian atas selubung diberi jendela yang dilengkapi dengan kaca berwarna merah. Jika lampu dinyalakan, sinar merah akan dipancarkan ke seluruh permukaan instrument panel melalui kaca berwarna merah pada selubungnya

Bridge lighting sebenarnya adalah dua lampu yang konstruksinya sama dengan pillar light assembly, tetapi dihubungkan menjadi satu oleh suatu kerangka

Wedge type lighting.
Wedge type lighting adalah sistem penerangan indikator yang terdapat pada tiap-tiap indikator itu sendiri. Konstruksinya terdiri dari dua kaca khusus yang berbentuk pasak, dimana ujung masing-masing kaca di buat berbeda lebarnya (ujung yang satu lebih lebar dari lainnya). Kedua kaca tersebut di tempelkan menjadi satu dengan posisi berlawanan. Penerangannya menggunakan lampu 6V dan di letakkan di bagian atas dari kaca yang berujung lebar. Cara penyinarannya adalah dengan memantulkan sinar yang berasal dari lampu ke kaca indikator, kemudian dari kaca indikator di pantulkan ke skala penujukkan dial pointer.

Sesuai dengan hukum cahaya, dimana sudut datang dari suatu sinar akan sama dengan sudut pantulnya. Maka dengan menggunakan dua buah kaca yang dipasang secara berlawanan, akan mendapatkan pantulan sinar dari kaca ke skala penunjukkan yang merata ke seluruh permukaannya.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk