Klasifikasi Instrument Pesawat Udara Berdasarkan Fungsinya

Posted on

#AircraftInstrument #KlasifikasiInstrument #PesawatUdara #PU

Klasifikasi instrument pesawat | Kalau menurut kegunaan dan tujuan instrument pesawat udara, maka instrument dapat diklasifikan berdasarkan fungsinya. Klasifikasi fungsi instrument pesawat udara adalah sebagai berikut;

Engine instrument.
Engine Instrument adalah suatu kelompok instrument yang berfungsi memberikan data atau informasi kepada penerbang tentang kondisi engine pada kondisi saat itu.

Flight instrument.
Flight Instrument adalah suatu kelompok instrument yang berfungsi memberikan data atau informasi kepada penerbang tentang kondisi dan sikap pesawat saat itu.

Navigasi instrument.
Navigasi Instrument adalah suatu kelompok instrument yang berfungsi memberikan data atau informasi kepada penerbang tentang arah atau navigasi pesawat saat melaksanakan penerbangan. Navigasi instrument digunakan untuk keperluan navigasi pesawat.

Auxilliary instrument.
Auxilliary instrument juga disebut sebagai miscellineous instrument. Auxilliary instrument adalah suatu kelompok instrument yang berfungsi memberikan data atau informasi kepada penerbang tentang suhu sekitar pesawat, keadaan fuel, waktu dan sebagainya. Instrument yang tidak termasuk dalam kelompok di atas, tetapi sangat dibutuhkan keberadaanya maka termasuk auxilliary instrument.

Baca juga artikel tentang Prinsip Dasar Instrument PU : Persyaratan Instrument Pesawat Udara untuk menambah bahasan.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk