Prinsip Dasar Instrument PU : Persyaratan Instrument Pesawat Udara

Posted on

#PU #InstrumentPesawat #AircraftInstrument

Persyaratan instrument pesawat udara | Instrumen pada pesawat udara sangatlah penting keberadaanya, bila pesawat melakukan penerbangan pada malam hari, cuaca buruk, dengan jarak tempuh yang sangat jauh dengan mengarungi lautan dan daratan yang begitu luas rasanya sangat sulit tanpa dibantu dengan peralatan yang disebut dengan instrument.

Pada suatu pesawat terbang, kata “Instrument” adalah suatu alat yang berfungsi untuk memberikan data atau informasi kepada penerbang tentang kondisi, kedudukan, sikap, dan arah pesawat terbang yang diyakini kebenarannya.

Instrument pesawat udara bertujuan untuk membantu pilot pada saat tinggal landas (take off), pengendalian pesawat diudara (manouvering) dan mendaratkan pesawat (landing) dengan selamat.
Data atau informasi yang diterima penerbang dapat berupa light dengan nyala lampunya atau berupa indikator dengan penunjukan angka atau simbolnya.

Dengan penjelasan tersebut diatas dapat ditarik pengertian bahwa instrument dapat meliputi komponen light dan atau indikator. Bisa dikatakan sebuah indikator pastilah instrument tetapi instrument tidak hanya berupa indicator saja.

Instrumen yang dipergunakan didalam pesawat haruslah alat-alat yang bermutu dan memiliki ketelitian yang tinggi. Hal ini dikarenakan keselamatan penerbang, awak pesawat, penumpang dan pesawatnya sendiri, seluruhnya tergantung pada kinerja instrument itu sendiri.

Beberapa persyaratan minimum instrument pesawat udara, yang harus dipenuhi oleh sebuah instrument yang terpasang pada sebuah pesawat adalah;

  1. Harus tahan terhadap getaran. Instrument tidak boleh bergetar selama engine berputar dan pada saat pesawat takeoff maupun pada saat landing.
  2. Harus tahan kejutan. Instrument harus tahan terhadap hentakan pada saat landing atau ketika taxying di darat
  3. Harus mudah di lakukan ajustment. Instrument harus mudah dilakukan penyetelan dan perbaikan. Ini harus segera dilaksanakan untuk menghindari kesalahan penunjukkan.
  4. Jarum penunjukkan (pointer) harus bergerak cepat, tepat dan tenang. Jarum penunjukkan pada indikator tidak boleh berubah-ubah walau kedudukan dan posisi pesawat berubah dan walaupun pesawat, terbang lebih tinggi dimana tekanan udara semakin berkurang.
  5. Penunjukkan pada skala harus terang. Hal ini agar dapat di lihat dan di baca dengan jelas baik pada saat terbang siang maupun malam, cuaca buruk maupun berkabut.
  6. Instrument harus mudah dilepas dan dipasang, di-setting dan ukurannya harus standar.
  7. Ringan dan tahan karat (anti corrosion) serta seimbang (balance).
    Material : Alluminium Alloy, Steel Alloy, Plastic and Ebonit.
    Ukuran dan bentuk sesuai dengan fungsi masing-masing.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk