Modifikasi Kelistrikan Yamaha RX King Jadi 12 V

adsense-fallback

#Yamaha #RxKing #ModifikasiMotor #KelistrikanRXKing

adsense-fallback

Kelistrikan Yamaha RX King | Motor Yamaha RX King keluaran jaman dulu (era 83-an) memakai sistem kelistrikan 6V. Menginjak RX King keluaran 92-an itu  sudah menjadi 12 V. Sangat repot tentunya bila mencari sparepart RX King dengan sistem kelistrikan 6V.

Jarang ditemui toko onderdil motor yang masih menjual lampu bohlam 6V dan accu 6V. Bagi yang mempunyai motor RX King jaman dulu, bisa merubah sistem kelistrikannya menjadi 12 V. Untuk membuat kelistrikan motor RX King menjadi 12V pun sangat mudah.

Sparepart kelistrikan Yamaha RX King yang masih 6V, diganti dengan sparepart yang 12V. Kalo merunut pada wiring diagram kelistrikan Yamaha RX King maka ada beberapa sparepart yang harus diganti.

  1. Kiprok. Tentu saja kiproknya diganti yang sudah 12V
  2. Kabel body. Kabel body yang 12V memiliki serabut lebih banyak daripada yang 6V. Agar tidak terjadi konsleting akibat beban kabel, maka seyogyanya kabel ini di ganti juga yang 12V.
  3. Accu. Tentu saja accunya di ganti yang 12V dengan memperhitungakan tempat peletakan posisi accu. Bisa menggunakan accu Yamaha Vixion
  4. Spul listrik. Diganti dengan yang 12V.
  5. Flasher ritting. Diganti dengan yang 12V.
  6. Lampu bohlam. Semua lampu yang ada pada motor tanpa kecuali diganti dengan yang 12V.

Kalo dihitung-hitung bisa menghabiskan biaya 350 ribuan dengan asumsi ada beberapa sparepart yang KW. Kalo diganti menggunakan semua sparepart orisinil bisa habis sekitar 500 ribuan.

Menurut saya, kalo dibandingkan perbandingan tarikan motor antara yang masih 6V dengan yang 12V memang tidak ada bedanya. Akan tetapi, RX King dengan kelistrikan 12V memiliki fleksibilitas dalam modifikasi sparepart kelistrikan.