Cara Menyetir Mobil Matic Yang Harus Diketahui Untuk Pengguna Mobil Matic Pertama Kali

Posted on

#Matic #MobilMatic #Driving #TipsMatic

Cara menyetir mobil matic | Seiring perkembangan jaman dan teknologi, kini bidang otomotif berkembang sangat pesat tetapi banyak orang yang  belum paham tentang perkembang tersebut dan membuat mereka celaka sendiri.

Banyak sekali kasus kecelakan mobil automatic atau bias di sebut orang awam mobil matic, seperti kecelakan di lereng gunung ataupun jatuh dari tempat parker yang berada di atas gedung. Hal itu biasanya terjadi karena si pengendara mobil matic belum paham tentang penggunaan mobil matic secara baik dan benar.

Ingat kisanak, seperti yang sudah saya tulis pada artike sebelumnya cara mengendarai mobil matic lalu bagaimana cara belajar mengemudi mobil matic? Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah pengenalan fitur – fitur yang ada di dashboard, seperti tombol start, lampu sen, wiper, persneling mobil matic, dan lainnya. Ini yang paling penting, belajar etika berkendara, dan juga rambu – rambu lalu lintas. Sebelum berangkat, periksa tekanan ban dan air radiator. Gunakan sabuk pengaman serta atur letak jok mobil senyaman mungkin.
  • Susunan persneling mobil matic berbeda dengan persneling mobil manual. Simbol P untuk parkir. R untuk mundur. N netral, D untuk jalan di tempat datar, D-3 di tempat tanjakkan. D-2 dan L digunakan saat berada di jalan pegunungan yang penuh tanjakan yang lebih curam.
  • Langkah selanjutnya adalah ketika menyalakan mobil matic, pastikan posisi persneling berada di N atau P. Kemudian injak rem terlebih dahulu, lepas rem tangan dengan memencet tombol rem dan tarik rem tangan ke atas, kemudian dorong rem tangan ke bawah, lalu tekan tombol start untuk menyalakan mesin. Pindahkan persneling ke posisi D. Jika melepas pedal rem, mobil akan sudah bisa berjalan sendiri.
  • Mintalah bantuan kepada pelatih, untuk membawa mobil ke lapangan. Cobalah untuk berlatih di tempat yang luas. Latihan mengecek kaca spion kanan & kiri, serta kaca tengah, memegang kemudi setir dengan benar, membelokan kemudi, latihan menginjak rem, dan latihan menginjak gas dengan lembut & stabil. Setiap ingin belok ke kanan periksa spion kanan pastikan jalanan kosong. Untuk putar balik ke kanan putar setir mobil sampai full ke arah kanan.
  • Setelah menguasai di lapangan, cobalah latihan di jalan gang rumah sambil menuju ke lapangan, kenali lebar dan panjang badan mobil, kurangi kecepatan saat berpapasan dengan mobil lain di jalan yang sempit. Latihan menginjak rem dengan lembut saat ada polisi tidur.
  • Setelah itu, cobalah latihan tanjakan, gunakan gigi D-3 untuk tanjakan landai panjang. Gunakan D-2 untuk tanjakan yang lebih curam. Saat berhenti atau macet di jalan tanjakan selain menginjak pedal rem, juga bisa menarik rem tangan ketika berhenti lama.
  • Latihan parkir dengan cara mundur, coba parkir berdempetan dan sejajar dengan mobil lain.

Nah, setelah Anda mulai mahir mengemudi mobil, hal lainnya yang harus di perhatikan adalah ketika menggunakan gear/tuas matic. Pergantian gear/tuas matic yang keliru dapat menyebabkan gearbox mobil matic rusak, dan harga gearbox sangat mahal. Berikut beberapa peraturan yang dapat membantu mobil Anda tetap ‘Sehat’.

Jangan sekali-kali mengganti gear ‘P’ pada saat lampu merah.

Cara yang benar saat berhenti di lampu merah adalah:

  1. Injak rem kaki.
  2. Masuk gear N (tanpa menekan tombol pada gear, dorong saja).
  3. Tarik rem tangan.
  4. Lepas rem kaki.

Saat akan mulai berjalan menyetir mobil matic:

  1. Injak rem.
  2. Masuk gear D (tanpa menekan tombol gear, tarik saja).
  3. Lepas rem tangan.
  4. Lepas rem kaki.
  5. Injak gas.

Gravatar Image

Tukang otak-atik motor yang tidak buka bengkel tapi punya banyak pasien motor. Suka narsis bikin video touring yang jalannya miring naik turun. Suka naik motor tiger.
Sesekalilah hayuk lah kita ngobrol masalah motor.