Honda CBR250R Top Speed Mapu Raih 165 Km/Jam Dan Masih Mau Naik Lagi Tapi Pelan

Posted on

#TopSpeed #CBR250R #Honda

Honda CBR250R Top Speed | Kendaraan pada tahun ini banyak bermunculan sehinga seorang rider (pengguna kendaraan) khusus nya sepeda motor harus mengetahui kendaraan apa saja yang cocok untuk dirinya.

Honda baru saja meluncurkan motor sport yang yang bisa d andalkan yaitu CBR 250r. motor ini diperuntuknan untuk kelas  menengah motor sport premium Indonesia denghan inovasi dari MotoGP dengan desain lampu mengadopsi tampang sang kakak, CBR1000RR. Sementara mesin mengalami banyak ubahan yang menjadikan tenaga naik sekitar 1,3 dk,

Dengan tenaga lebih besar yang dicapai di rpm tinggi (23,33 dk/10.050 rpm), dikombinasi rasio akhir lebih berat (36/14 dari 38/14), kendati rasio diset lebih ringan dan rapat ternyata menghasilkan akselerasi awal yang sedikit lebih lambat dari versi awal, All New Honda CBR250R 0-60 km/jam butuh waktu 3,4 detik, sedang CBR250R 3,1 detik. CBR250R mempunyai efisiensi yang di clam oleh Honda mengkonsumsi 1 liter bahan bakar dapat mencapai 50 km

Namun pencapaian kecepatan 100 km/jam lebih cepat, dari 8,4 detik jadi 8,2 detik. Pencapaian jarak pun demikian, di trek pendek 100 meter lebih lambat, dari 6,5 detik jadi 6,6 detik. Namun jarak 402 meter lebih cepat, dari 16,3 jadi 16,2 detik. Dengan rasio akhir lebih berat, top speed yang diraih lebih tinggi, dari 160 km/jam sampai 165 km/jam.

Gigi 6 yang dibikin lebih rapat ke gigi 5 juga terasa lebih jalan, tidak hanya untuk menghaluskan. Buktinya, gigi 5 hanya mentok di 155 km/jam karena kena limiter di 10.800 rpm, gigi 6 naik jadi 165 km/jam, itu pun sebenarnya masih mau naik kendati pelan.

Karakter mesin lebih smooth di rpm rendah ternyata memberi kenyamanan jika dipakai harian, karena enggak bikin motor liar sepertei naik kuda. Alhasil, tidak usah sering tahan setengah kopling, main di kisaran 3-6 ribu rpm sudah cukup banget.

Kenyamanan pemakaian harian ditunjang kopling enteng, mau macet lama jari kiri enggak pegal. Pemindahan gigi pun gampang banget, tuasnya ringan diinjak. Penggunaan judder spring juga punya andil. Yang enggak enak saat macet hanya kaki, kena embusan udara panas dari kipas radiator.

Posisi duduk Honda CBR250R yang enggak terlalu merunduk pun menunjang kenyamanan, lengan jadi enggak cepat pegal. Pembonceng juga nyaman, karena jok belakang tak terlalu tinggi, posisi duduk lebih menyatu dengan rider.

Handling dan suspensi juga mendukung kenikmatan pemakaian harian. Kendati punya bobot kosong 164 kg, handling ringan gampang diajak belak-belok, nurut banget termasuk di kecepatan tinggi. Sementara redaman suspensinya penuh kompromi, ketemu jalan keriting masih nyaman, saat kencang tetap stabil.

Gravatar Image
Tukang otak-atik motor yang tidak buka bengkel tapi punya banyak pasien motor. Suka narsis bikin video touring yang jalannya miring naik turun. Suka naik motor tiger. Sesekalilah hayuk lah kita ngobrol masalah motor.