Cara Menghilangkan Bunyi Suara Decit CVT Matic Suzuki Address

Posted on

#Suzuki #Address #Matic

Bunyi Suara Decit CVT Matic | Halo pengguna Suzuki Address. Gmana performa maticnya? Smoga saja pada belum pernah mengalami masalah di bagian CVT.

Biasanya, permasalahan CVT pada Suzuki Address adalah mur pulley depan yang copot/lepas atau kendor. Selain masalah mur pulley CVT, sebenarnya ada masalah lagi pada bagian CVT Suzuki Address. Muncul suara decit. Penyakit Address ini sering muncul.

Munculnya suara decit ini, bukan kerusakan lho. Cuma perlu sedikit di otak-atik dan dibersihkan saja di bagian CVTnya. Ini cuman karena CVT kotor. Nanti setelah di bersihin, juga hilang kok. Keluhan munculnya suara decit pada Address saat mulai berakselerasi. Suara decit CVT matic ini nanti biasanya akan hilang kalau mesin sudah panas atau mmotor sudah menempuh perjalanan jauh.

Langkah dan cara membongkar dan membersihkan CVT Suzuki Address

  1. Buka cover CVT. Ini gampang bukanya.
  2. Bersihkan secara bagian dalam CVT dengan bensin sampai bersih. Disikat makai sikat gigi atau kuas saja. Termasuk crankcase dan bagian dalam cover CVT juga ikut dibersihkan.
  3. Bongkar dan buka juga secondary pulley dengan kunci 34mm. Lantas bersihkan seperti langkah ke 2. Samapu bersih.
  4. Buka selongsong jalur gerak secondary sheave dan lakukan pembersihan sekaligus tambahkan greasing dengan grease khusus CVT SGP (cek juga bagian seal & O-ring. pastikan tidak melar/bocor).
  5. Buka area kampas ganda dan ganti penggantian karet bantalan/karet damper kampas ganda. Ganti saja memakai punyanya karet damper Honda Vario/Beat karbu (pilih yang full karet, jangan milih yang tengahnya ada bushing kuningan). FYI, yang karet damper Varion 125 itu ada bushing kuningannya. Jangan pilih yang ini.
  6. Sudah bersih, sekarang tinggal kita assembly lagi. Saat memasang semuanya lagi, cobalah amplas tipis-tipis saja pada permukaan kampas ganda untuk membuang yg licin/kotoran yg menempel dikampas ganda.
  7. Bersihkan juga dengan amplas sisi dalam mangkok kopling sampai bersih
  8. Leletkan selah-selah pinggiran mangkok kopling dengan lem powerglue/alteco/lem G.
  9. Rakit ulang CVT dengan detail dan bersih lho.
  10. Kalau suara decit pada CVT belum parah banget, makai cara ini saja, penyakit suara decit itu sudah hilang.
  11. Namun, kalau suara decit CVT sudah parah, coba ditambahkan potongan seng minuman kaleng dan di jejalkan pada selah-selah mangkok kopling. Lalu di tutup rata dengan lem besi dectone.
  12. Bila sudah dilakukan sampai cara yang ke 11, tapi suara decit CVT Address masih muncul, brarti harus segera di ganti mangkok koplingnya.

Sudah ya, sementara ini dulu tips address nya. Untuk gambar-gambar penjelasan cara menghilangkan bunyi suara decit CVT matic Suzuki Address ada di bawah ya.

Gambar dan isi artikel ini saya ambil referensinya dari group facebook Address Indonesia (ADDRESSIA).

 

Gravatar Image

Tukang otak-atik motor yang tidak buka bengkel tapi punya banyak pasien motor. Suka narsis bikin video touring yang jalannya miring naik turun. Suka naik motor tiger.
Sesekalilah hayuk lah kita ngobrol masalah motor.