Kenali Gejala Kerusakan Rem Cakram Mobil

Posted on

#SafetyDrive #RemCakram #Mobil

Gejala Kerusakan Rem Cakram Mobil | Keselamatan adalah hal utaman dalam berkendara. Bukan semata dengan menjaga sikap berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas, perangkat yang menyangkut keselamatan berkendara pun perlu dipastikan berada dalam kondisi baik. Salah satunya adalah rem kendaraan.

kanvas rem habis

Gejala kerusakan rem cakram mobil.

Seperti pada bagian mobil yang lain, rem juga bisa mengalami kerusakan atau keausan seiring intensitas serta gaya berkendara. Namun, kerusakan tersebut tidak langsung terjadi begitu saja. Ada beberapa gejala yang muncul sebagai pertanda kerusakan rem cakram mobil.

Bunyi rem mobil.

Suara rem yang melengking saat melakukan pengereman adalah hal yang menunjukan tanda kalau rem tengah bermasalah. Kalau rem mengalami hal seperti itu, sebaiknya segera cek kondisi kampas rem-nya.

Biasanya suara melengking tersebut merupakan tanda kalau kampas rem sudah usang dan harus segera diganti. Hal lain yang menjadi penyebab timbulnya suara ini adalah penggunaan suku cadang yang kurang baik atau berkualitas rendah sehingga gesekan yang terjadi pada rem tidak maksimal dan menimbulkan suara. Untuk itu, selalu gunakan suku cadang asli yang direkomendasikan.

Baca juga : Bersihkan Kaliper Master Cakram, Agar Rem Tetap Pakem

Harga suku cadang yang baik dan berkualitas memang relatif jauh lebih mahal, tetapi ketahanan dan keamanan yang didapat seharusnya menjadi nilai lebih.

Rem mobil terasa lembut.

Ketika udara atau air masuk ke dalam sistem pengereman, bisa dipastikan si pengemudi akan merasakan pedal rem yang sangat lembut. Karat atau korosi adalah hal yang akan terjadi setelahnya. Udara dalam sistem pengereman akan memicu injakan pedal rem menjadi lebih dalam dari yang biasanya untuk menghentikan kendaraan. Dan sementara itu, air akan berpengaruh pada kinerja caliper master rem cakram.

Rem mobil bergetar.

Kalau terasa ada getaran saat melakukan pengereman, bisa dipastikan ini merupakan indikasi bahwa caliper rem lengket atau caliper tidak bisa bekerja dengan baik karena karat. Jika hal ini didiamkam, akan membuat kampas rem menjadi tidak rata habisnya dan setir kemudi bergetar. Hal ini akan memperpendek usia komponen rem lainnya.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk