Perbedaan Pengapian CDI DC Dan CDI AC

Posted on

#CDI #PengapianMotor #Otomotif

Perbedaan Pengapian CDI | Sistem pengapian CDI ada 2 jenis. CDI AC dan CDI DC. Pada motor keluaran terbaru, sudah menggunakan CDI DC. Secara general, sistem pengapian DC memang memiliki kelebihan yang menguntungkan.

Perbedaan CDI DC dan CDI AC

Perbedaan DC dan AC ini berdasarkan sepul pengapian dan pulser yang terpasang di blok mesin sebelah kiri.

merakit cdi

Pengapian CDI DC. Sumber tegangan CDI DC diparalel dengan aki motor (accu). Atau bisa dibilang bersumber dari baterai. Kelebihan CDI DC adalah tegangan arus yang bersumber dari aki lebih stabil diputaran atas atau putaran bawah. Kekurangan CDI DC adalah komponennya lebih banyak dan lebih rumit, aki dan kiprok rusak akan bisa merusak CDI, sangat sensitif terhadap korsleting.

Baca juga : Membuat Custom CDI Motor Sesuai Keinginan

Pengapian CDI AC. Sumber tegangan CDI AC didapat dari sepul yang disearahkan oleh kiprok. Kelebihan CDI AC adalah komponen yg digunakan jauh lebih ringkas, sepul pengapian dengan sepul listrik terpisah, harga lebih murah, tidak berhubungan dengan sistem pengisian batera. Kekurangan CDI AC adalah tegangan akan stabil bila rpm sudah diatas 2000 rpm, kumparan kawat sepul rentan putus.

Lantas kenapa orang beranggapan kalau CDI DC lebih baik daripada CDI AC? Ini karena CDI DC lebih bisa untuk di modifikasi. Modifikasi CDI ini akan bisa mempengaruhi pada laju kencangnya motor.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk