Cara Sederhana Menghilangkan Limiter CDI Motor

Posted on

#CDI #ModifikasiMotor #LimiterCDI

Menghilangkan Limiter CDI Motor | CDI mempengaruhi putaran mesin. RPM mesin ini dibatasi oleh CDI. Limiter CDI ini membatasi kekuatan mesin pada rpm yang di tentukan. Maksimal putaran mesin standard adalah 95000 rpm.

cdi standard

Cara kerja limiter CDI akan terasa jika putaran mesin telah mencapai pada kecepatan maksimal, hingga motor tidak dapat menaikkan lagi kecepatan larinya.

Pada motor yang membutuhkan rpm tinggi, maka perlu untuk menghilangkan limiter CDI ini. Hal ini untuk memaksimalkan kerja putaran mesin lebih optimal lagi.

Baca juga : Membuat Custom CDI Motor Sesuai Keinginan

Banyak orang mengaplikasikan CDI non limiter seperti pada CDI suzuki shogun 110 dan CDI racing. Sebenarnya, banyak cara untuk menghilangkan limiter CDI motor ini. Ada juga cara mengatasi limiter CDI ini dengan cara menghilangkan bagia limiternya saja, tapi ini sulit di lakukan. Untuk melakukan ini harus paham teknik elektronika.

Menghilangkan limiter CDI standard

  • Buka plastik dan karet pembungkus CDI.
  • Membaca jalur rangkaian, mencari rangkaian yang berperan untuk limiter lalu menjumper/mencabut rangkaian limiter.
  • Kembalikan rangkaian itu pada pembungkusnya, dan tutup pakai karet

Mengganti CDI dengan CDI racing non limiter

Ini cara paling gampang. Menghilangkan limiter CDI dengan mengganti CDInya itu sendiri dengan CDI racing. Pada beberapa jenis motor, untuk mengganti CDI jenis ini harus mengubah juga spul CDI nya.

Mengakali limiter CDI dengan menerapkan double CDI

Cara double CDI ini hanya untuk mengakali data CDI saja hingga dapat membuat limiter CDI tidak terbaca. CDI yang telah ada, disuntik lagi dengan CDI ke 2. Tetapi CDI ke 2 ini bebas, bisa menggunakan CDI motor apa saja yang penting soketnya sama. Kedua CDI hanya dipararel saja.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk