Penyebab dan Cara Memperbaiki Servo Booster Rem Bocor

Posted on

#RemMobil #Otomotif #Mobil

Servo Booster Rem Bocor | Salah satu yang bisa membuat rem bagel adalah bocornya servo atau booster rem. Kebocoran yang terjadi pada booster rem atau servo juga akan membuat mobil susah lansam (stationer). Ini karena, daya vakum pada servo booster rem di dapatkan dari manifold in yang tentunya ini merupakan saluran aliran bahan bakar disedot oleh piston. Gejala yang biasanya terjadi pada servo bocor adalah terdengar bunyi desis udara pada rem mobil.

servo rem mobil

Penyebab dan cara memperbaiki servo booster rem bocor

Pada servo booster rem mobil terdapat beberapa seal karet. Kebocoran seal karet ini bisa saja terjadi. Memang karet ini rentan terhadap kemunduran sifatnya. Bagian ini harus di rawat demi keberfungsian rem mobil.

Keterangan :

  1. Ini adalah karet booster atau karet servo. Jika bagian ini bocor biasanya akibat sobek. Untuk mengetahuinya harus dibongkar.
  2. Ini bagian dari tempat seal servo bagian belakang. Jika bagian ini bocor, maka akan terdengar bunyi mendesis dari bagian ini. Untuk memperbaikinya harus dibongkar karena seal terpasang dari bagian dalam.
  3. Ini bagian sambungan antara rumah bagian depan dan belakang. Bagian ini bisa bocor karena pernah dibuka dan ketika dipasag tidak pas atau tidak rata pemasangannya. Di bagian ini juga bagian lingkar luar karet servo dijepit oleh kedua bagian.
  4. Tempat dudukan selang vacum servo. Karet yang sudah longgar pada bagian ini bisa membuat bocor.
  5. Ini bagian seal yang paling mudah untuk dilepas dan diganti. Tidak perlu membongkar servo, hanya cukup buka penahan dan congkel keluar maka sudah bisa ketahuan bocor. Jika master rem dibuka dan di injak rem maka akan keluar udara bocor.

Baca juga : Ketahui Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem Sebelum Mengemudi

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk