Safety Active Technology – Keselamatan Mobil

Posted on

#SafetyCar #MobilAman #KeselamatanMobil

SAFETY ACTIVE TECHNOLOGY

Fitur ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang lebih fatal saat kondisi tak terduga di jalan raya. Bagian safety car ini dipenuhi dengan berbagai teknologi elektromekanik.

Sistem Rem ABS + EBD + BA

sistem rem ABS EBD BA
Teknologi sistem pengereman rem ini akan bekerja secara simultan dan pengendalian optimal disaat terjadi pengereman darurat Anti-lock Brake System (ABS) akan menjaga ban agar tidak mengunci sehingga kendali tetap berada di tangan pengemudi. Lalu Electronic Brake-force Distribution (EBD) memberi peran dalam membagi tekanan rem depan–belakang yang berbeda saat kendaraan diisi dengan muatan penuh atau hanya pengemdi saja. Efeknya, tentu jarak pengereman akan semakin lebih pendek. Brake Assist (BA) merupakan teknologi untuk memberi efek tekanan maksimal saat pengemudi melakukan pengereman darurat. Dengan cepat mencapai tekanan maksimal, maka komputer akan lebih cepat memerintahkan kerja ABS dan EBD.

Vehicle Stability Control

vehicle stability control
Fitur ini memberikan kontrol kestabilan. Teknologi ini bekerja sangat komplek lantaran memerlukan fungsi rem ABS dan Traction Control (TC). Jadi saat mobil mulai kehilangan daya cengkeram ban, maka secara otomatis komputer akan memerintahkan untuk melakukan pengereman dan membatasi output tenaga mesin melalui TC. Meskipun pengemudi tidak menginjak pedal rem, fitur ini akan tetap bekerja secara otomatis.

Line Departure Prevention

line departure prevention
Ini adalah pengembangan dari fitur Line Departure Warning (LDW). Fitur ini akan melakukan reaksi agar mobil kembali ke jalurnya dengan cara mengaktifkan salah satu sisi rem. Jadi bila mobil bergerak ke kanan, maka rem di sisi kiri akan bekerja. Begitu pula sebaliknya.

Intelligent Brake Assist

intelligent brake assist
Fitur ini berguna untuk menghindari tabrakan beruntun. Intelligent brake assist akan memberikan peringatan disaat jarak aman berkendara dilanggar. Kemudian bila pengemudi merespon lambat terhadap perubahan kecepatan kendaraan di depannya, maka rem akan langsung aktif bekerja agar terhindar dari benturan yang lebih keras.

Kategori tingkat keselamatan mobil lainnya:

  1. SAFETY PREVENTIVE TECHNOLOGY
  2. SAFETY ACTIVE TECHNOLOGY
  3. SAFETY IMPACT TECHNOLOGY

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk