Ini Dia Ciri Ciri Kiprok Motor Rusak Mati Perlu Diganti

adsense-fallback

#KiprokMotor #KelistrikanMotor #Motor

adsense-fallback

Ciri Ciri Kiprok Motor Rusak Mati | Kadang kita menemui lampu motor yang sering putus. Padahal bohlam lampu motor itu baru diganti tapi langsung atau mudah putus lagi. Atau kadang menemui aki motor yang soak lemah tegangannya. Kesemua itu ada hubungannya dengan kiprok motor.

Kiprok motor memang salah satu komponen yang berperan dalam pengaturan kelistrikan motor. Kiprok cukup vital perannya karena memang langsung berhubungan dengan aki dan melakukan manajerial kelistrikan.

Beberapa kasus motor mati ditengah jalan, aki cepat soak, atau lampu utama yang tiba-tiba temaram, bisa jadi disebabkan kondisi kiprok yang tak lagi optimal. Mencari tahu kiprok yang sudah rusak atau kiprok mati itu memang susah-susah gampang.

Apabila melihat buku petunjuk, acara cara mudah untuk mengetahui kiprok masih berfungsi secara baik atau sudah rusak. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah alat kelistrikan yang bernama multimeter.

Lantas bagaimana caranya mengenali ciri-ciri kiprok motor rusak mati perlu diganti apabila tidak mempunyai multimeter? Kalau tidak punya multimeter, jangan khawatir. Ada cara lain untuk mengenali kondisi kiprok.

  • Salah satu gejala kiprok mati perlu diganti adalah lampu depan yang tiba-tiba redup atau bahkan mati sama sekali. Jika arus dari sepul lampu dalam keadaan normal, maka kemungkinan besar kiprok motor mati atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa terhubung langsung.
  • Ciri kiprok motor rusak lainnya adalah aki motor yang cepat soak. Kalau kondisi sepul dan suplai arus berjalan normal, kemungkinan kiprok rusak atau mati.
  • Selain itu bila menemui bohlam lampu utama motor yang sering mati saat motor di gas kencang, itu patut dicurigai sebagai gelaja kiprok rusak.
  • Perlu diketahui bahwa, kadang kirpok itu tidak mati, melainkan rusak. Ingat, fungsi kiprok adalah sebagai menyearah tegangan dari sepul dan membatasi besarnya tegangan yang akan menuju ke aki motor dan sistem kelistrikan motor. Bohlam lampu utama motor yang sering mati ini akibat tegangan yang masuk ke lampu sangat besar. Ini disebabkan kirpok sudak tidak bisa lagi membatasi tegangan yang keluar dari kiprok.

Banyak mekanik tidak sadar, bahwa kiprok itu masih berfungsi untuk mengecharge aki motor akan tetapi kiprok itu sudah rusak akibat tidak bisa membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan motor. Sebagai patokan, idealnya tegangan output kiprok motor adalah ±15V tanpa beban.

Bila kisanak menemui gejala kiprok rusak mati seperti di atas, maka sebaiknya bawa motor ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.