Green Car Mobil Listrik Kapasitor Li-Ion

Posted on

#MobilListrik #KapasitorMobilListrik

Mobil Listrik Kapasitor | Pada beberapa tahun belakangan, muncul beberapa terobosan teknologi mobil listrik yang mulai dijual dipasaran. Pada umumnya mobil listrik dan mobil hibrida plug-in yang diperkenalkan umumnya menggunakan baterai lithium-ion (li-ion). Namun, ada perusahaan Jepang yang mengeluarkan teknologi terbaru yang memperkenalkan mobil listrik dengan sumber tenaga kapasitor.

mobil listrik kapasitor

Jarak tempuh mobil listrik dengan tenaga kapasitor Li-Ion ini hanya mampu menempuh 5 km. Walaupun hanya berjarak pendek, waktu pengisian listrik (charge time) hanya butuh waktu 1 menit.

Dengan kelemahan dan kelebihan mobil listrik kapasitor Li-Ion ini, harapannya mobil ini dapat digunakan untuk berbelanja ke toko yang berada di sekitar kompleks perumahan. Di toko tersebut pula, kapasitor bisa diisi ulang. Setelah itu, pemiliknya langsung pulang.

Mobil listrik kapasitor Li-Ion ini menggunakan 8 modul kapasitor li-ion berkapasitas 36Wh (total 290 Wh). Dua modul kapasitor dipasang di depan, sedangkan enam lagi di belakang. Tegangan setiap modul 45 volt, yang diperoleh dengan menghubungkan empat kapasitor secara seri dan kemudian diparalelkan. Total tegangan menjadi 90 volt.

Dengan menggunakan kapasitor, bobot mobil ini jauh lebih ringan, hanya 260 kg. Itu pun sudah termasuk 40 baterai. Selanjutnya, untuk menggerakkan kedua roda belakang, digunakan dua motor listrik DC yang menyalurkan tenaga 1,75 kW dan dapat dikebut hingga 80 km/jam.

Mobil listrik kapasitor Li-Ion ini cocok digunakan pada untuk mobilitas kerja perkantoran dan perkotaan jarak dekat. Rasanya akan sangat keren bila mobil listrik bisa menggunakan tenaga baterai yang dipadu dengan kapasitor bank.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk