Langkah-Langkah Cara Pasang Klakson Keong Motor

adsense-fallback

#KlaksonMotor #KlaksonKeong #KelistrikanMotor

adsense-fallback

Cara Pasang Klakson Keong Motor | Klakson keong merupakan salah satu jenis aksesori sepeda motor yang populer bagi yang suka kegiatan seperti touring. Suara klakson keong yang khas memang menarik perhatian.

Bagi yang suka naik motor keluar kota, layak untuk memasang klakson keong ini. Saya sarankan, jangan memasang klakson keong motor tanpa menggunakan relay. Penggunaan relay disini bermaksud untuk mencegah arus closed circuit yang bisa menyebabkan aki motor tekor.

Cara pasang klakson keong motor cukup mudah. Bisa dilakukan sendiri. Bagi yang ingin pasang klakson keong motor, sebaiknya simak dulu langkah-langkah cara pasang klakson keong motor berikut ini.

Pertama, siapkan dulu bahan untuk pasang klakson keong motor :

  1. Tentunya klakson yang akan di pasang pada motor.
  2. Relay DPDT (terminal ring 10mm 1pcs untuk ke positif (+) Accu dan terminal socket untuk kaki relay 4pcs (ori non ori sama saja harganya). Pilih relay yang mampu beban 10A.
  3. Kabel Panjang kabel tergantung jarak antara penempatan klakson dengan aki motor.
  4. Sekring / Fuse (10A saja) dan kotak fuse (biasanya sudah tersedia kabel untuk penyambungannya)

Kedua, ikuti langkah-langkah cara pasang klakson keong motor :

  1. Perhatikan kaki relay, disetiap kaki ada angka yang akan kita gunakan sebagai pengenal hubungan kabel Kaki relay angka 30 pada kaki relay, Anda sambukngkan ke sekring dan dari sekring ke positif (+) Accu
  2. Kaki relay angka 85 dan 86 sambungkan ke saklar klakson (terbalik tak masalah).
  3. Coba tekan tombol atau saklar klakson di holder stang sebelah kanan, jika terdengar hentakan kecil pada relay, maka itu tandanya pemasangan benar dan siap ke tahap berikutnya. jika tidak, cek pada aki, sekring, sambungan kabel dan relay.
  4. Pada kaki relay angka 87, sambungkan ke salah satu kaki klakson, kalau ada tanda positif sambungkan ke positifnya dan untuk kaki klakson yang satunya sambungkan ke rangka motor (massa).
  5. Terakhir, lakukan pengetesan dan merapikan jalur kabel instalasi klason keong motornya.

Perlu diketahui, bahwa pemakaian klason keong ini akan relatif cukup banyak menyedot arus listrik pada aki. Klakson keong membutuhkan ampere yang besar. Semakin keras dan bagus suaranya, maka butuh ampere yang besar.

Tips menggunakan klakson keong motor adalah, jangan terlalu sering membunyikan klakson keong ketika mesin motor dalam keadaan mati. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kestabilan arus listrik yang ada pada aki motor. Jangan sampai penggunaan klakson keong membuat aki motor tekor.