Tips Memilih Kampas Kopling Motor Terbaik

adsense-fallback

#MesinMotor #KampasKopling #SparepartMotor

adsense-fallback

Kampas Kopling Motor | Kondisi kampas kopling motor sangat berpengaruh pada tarikan performa motor. Kampas kopling membutuhkan perawatan dan pengecekan secara rutin. Cara perawatan kampas kopling pada motor berkopling manual dan otomatis dalah sama, cukup ganti oli mesin secara berkala.

Saking pentingnya kondisi kampas kopling pada mesin, maka sebaiknya pilih kampas kopling terbaik. Bagi yang masih bingung memilih, sebaiknya simak artikel tips memilih kampas kopling motor terbaik ini.

Salah satu ciri-ciri kampas kopling terbaik adalah tahan panas dan gesekan. Bahan kampas kopling terbaik terbuat dari rockwoll. Beberapa mekanik otomotif telah merekomendasikan ini karena telah terbukti handal.

Biasanya, kampas kopling berbahan rockwoll di terdapat pada komponen sparepart racing. Contohnya part racing bermerk kawahara. Walaupun demikian, kampas kopling berbahan kevlar juga masih banyak di temui. Perlu diketahui bahwa, kualitas bahan kevlar masih di bawah rockwoll.

Secara kasatmata, perbedaan bahan kevlar dengan rockwoll tidak bisa dilihat dengan mata. Bahkan soal ketebalan, juga sama dengan bahan kampas kopling lainnya.

Kampas kopling racing rockwoll Kawahara saat ini hanya tersedia untuk Suzuki Satria FU150, Yamaha Jupiter Z, Yamaha Jupiter MX dan Honda Supra X125. Namun pada dasarnya, apapun bahan kampas kopling akan mempunyai kegunaan yang sama.

Harga kampas kopling rockwoll Satria FU150 dan Jupiter Z berkisar 200 ribu. Sedangkan untuk Jupiter MX dan Supra X125 berkisar 165 ribu. Namun, kampas kopling rockwoll belum tersedia untuk jenis motor sport. Belum semua merk dan tipe kendaraan bermotor tersedia sparepart komponen kampas kopling rockwoll.

Sekiranya masih bingung dalam memilih kampas kopling motor terbaik, sebaiknya pilih saja kampas kopling rockwoll dengan merk Kawahara. Namun, kampas kopling Kawahara masih jarang di jual pada toko onderdil otomotif. Tidak semua toko menjual kampas kopling Kawahara.