Cara Pasang Noken As Satria FU Yang Benar

adsense-fallback

#DOHCSatriaFU #TimingGear #NokenAs

adsense-fallback

Cara Pasang Noken As Satria FU | Mesin pada Suzuki Satria FU menggunakan sistem DOHC. Mesin motor Satria FU ini tergolong teknologi canggih pada kelas speda motor bebek. Dalam mesin Satria FU terdapat 4 klep dan 2 buah noken as (timing gear) yang menjadikan motor ini dapat berlari kencang.

Untuk ukuran motor bebek, mesin Satria FU ini tergolong rumit. Mesin ini mengadopsi sistem DOHC dan kaburator vakum. Dibalik kecanggihan mesin Satria FU, ternyata tak sedikit yang masih menemui kendala dengan motor Suzuki Satria 150 FU, terutama dalam hal pemasangan komponen mesin.

Noken as atau timing gear merupakan ciri khas DOHC mesin Satria FU. Ini teknologi mesin motor yang dapat pada Satria FU. Cara setting noken as Satria FU pun sedikit agak rumit. Bagi yang masih mengalami kesulitan dalam memasang noken as Satria FU, bisa menyimak artikel ini.

Setiap motor 4 tak membutuhkan pemasangan noken as (timing gear) yang tepat, atau biasa disebut dengan setel top noken as. Perlu diketahui, bahwa noken as berfungsi sebagai pengatur buka dan tutup klep valve. Maka, jika meleset sedikit saja pemasangan top noken as (timing gear) ini bisa mengakibatkan permasalahan pada mesin Satria FU. Contohnya motor susah hidup, tidak mau hidup atau push rod klep menjadi bengkok.

Cara pasang noken as Satria FU yang benar

  1. Posisikan piston pada TMA (titik mati atas). Posisi TMA ini bisa di lihat pada lubang intip di blok mesin sebelah kiri, tandanya terlihat huruf T pada mangkok magnet. Pastikan tanda T segaris dengan tanda garis yang ada. Tanda ini menunjukkan piston sudah berada pada titik mati atas.
  2. Pasang noken as exhaust (klep buang). Biasanya terdapat tanda ex pada badan noken asnya. Lihat pada gear di noken as exhaust, disitu terdapat angka 1. Sesuaikan angka 1 itu di bibir kepala silinder.
  3. Lihat di bagian atas ada angka 2. Ini sebagai patokan pemasangan dengan noken as intake (klep masuk). Hitung dari angka 2 di noken as exhaust sampai angka 3 di noken as intake.
  4. Setelah itu, pasanag komponen lainnya
  5. Mesin Satria FU siap untuk di pacu di jalanan.

Sebelum melakukan pemasangan noken as, pastikan bahwa klep mesin tidak bocor dan sudah benar-benar rapat. Saat memasang noken as atau timing gear Satria FU sebaiknya pastikan betul bahwa settingan noken as telah tepat. Semoga informasi mengenai tips dan cara pasang noken as atau timing gear Satria FU ini dapat membantu.