Hayuk Kita Belajar Cara Mengemudi Mobil Manual

Posted on

#DriveCar #Mengemudi #Mobil #SetirMobil

Cara Mengemudi Mobil Manual | Pada prinsip nya mengemudi mobil manual atau pun matic sama tetapai ketika kita di hadapkan dengan mobil manual apa lagi pemula pasti merakan ribet susah.

Yang perlu kita lakukan nanya kehati-hatian dan fell ketika mengunakan mobil tersebut. Lalu apa saaja yang perlu di perhatikan ketika mengemudi mobil manual:

1 – Kenali fitur mobil 

Tips paling utama yang harus kamu lakukan sebelum belajar mengemudi mobil manual adalah menghafal. Pastikan kamu hafal beberapa elemen penting mobil seperti injakan rem, gas dan kopling. Jangan sampai salah menginjak karena dapat membahayakan. Hafalkan juga elemen lain seperti tombol lampu sign, bel dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kamu juga harus belajar mengenai posisi perpindahan gigi mobil atau persneling yang biasanya ada mulai dari angka 1 s/d 5 dan juga untuk posisi netral. Selain itu ada posisi R untuk posisi mundur.

2 – Latihan di tempat yang tepat

Salah satu tips lain mengendarai mobil adalah kamu harus banyak-banyak berlatih. Salah satu yang diperhatikan yakni lokasi yang akan kamu jadikan tempat latihan. Pilihlah lapangan yang cukup luas untuk belajar mengemudi mobil. Dengan luas lahan yang cukup maka kamu dapat berkonsentrasi penuh menghafal bagaimana cara mengemudi mobil manual.

Setelah kamu terbiasa barulah pilih lokasi yang lebih menantang. Contohnya saja jalanan umum, tetapi pilih jalanan yang sepi, dan anda juga bisa berlati di tanjakan anda bisa menambah feel pada mobil ketika di tanjakan dari pososo berhenti. Cara belajar mobil manual dengan cepat ini cukup efektif membantu kamu membiasakan diri mengemudi mobil di jalan.

3 – Harus konsentrasi dalam mengemudi

Saat belajar mengemudi mobil transmisi manual masa-masa paling menegangkan yaitu ketika kamu mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang mahir. Pastikan pikiran kamu lebih tenang, Lebih relax dan konsentrasi penuh. Jika kamu masih agak gemetaran silahkan tunggu hingga perasaan kamu lebih santai.

4 – Proses penyalaan start mesin mobil

Ini juga bagian sangat penting, pastikan mobil dalam keadaan netral. Jika tida netral biasnya mobil akan maju sendiri atau tudak mau hidup (keamanan). Anda dapat mengoyang goyang kan tuas transmisi ke netral biasanya tuas akan bebas jika mengunakan mobil lama,Jika sudah silahkan mulai memutar kunci kotak untuk melakukan starter. Ketika mesin sudah nyala nih, terus kamu tahu bahwa di bawah kaki kamu sekarang ada 3 jenis pedal, dari kiri disebut kopling, tengah rem, dan kanan gas.

5 – Seimbangkan antara kopling dan gas

Gear shift kamu udah di posisi gigi 1, tapi mobil kamu belum jalan? Tenang aja, itu karena kamu belum nginjek gas nya. ketika gas akan di tekan, kamu harus angkat kopling kamu pelan-pelan. Ini biasanya bagian paling susah buat pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar. Sementara jika pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil yang tersendat.

Kamu dapat  melepas kopling ketika tuas transmisi sudah masuk gigi dengan perlahan dan di tahan sebentar ini menyebapkan mobil bergerak pelan dan kamu dapat menambah gas dengan pelan setelah gas di injak pelan kamu dapat melepas kopling ingat sebelumnya hand rem sudah di lepas.

6 – Ulangi langkah  5 untuk menambah atau menurunkan kecepatan

Ingat, setiap perpindahan gigi, baik naik ataupun turun gigi, kamu harus selalu menginjak kopling.

7 – Jangan lupa siaga rem ketika gas sudah stabil

Jika dirasa mobil terlalu cepat maka sebaiknya kamu melakukan pengereman, secara otomatis kaki harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya, untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang kompleks. Cukup injak rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau pelan-pelan.

Gravatar Image

Tukang otak-atik motor yang tidak buka bengkel tapi punya banyak pasien motor. Suka narsis bikin video touring yang jalannya miring naik turun. Suka naik motor tiger.
Sesekalilah hayuk lah kita ngobrol masalah motor.