Mengenal Ciri Dan Tanda Gear Rantai Aus Harus Diganti

Posted on

#GearRantai #BengkelOto #Motor

Ciri dan tanda gear rantai aus harus diganti | Harus diketahui kalau gear rantai pada motor itu sepaket. Kalau rusak salah satu, seyogyanya harus ganti semuanya. Ada beberapa ciri dan tanda kalau gear rantai perlu diganti yang baru.

gear rantai motor

Penyebab gear rantai aus atau rusak biasanya disebabkan oleh karet sproket yang berada pada tromol roda belakang. Ini biasa disebut juga sebagai karet angkatan.

Karet bantalan sproket berfungsi meredam torsi dadakan, agar pergerakan motor lebih halus. Contoh terjadinya torsi dadakan adalah bila motor mengalami hentakan gas pertama kali saat akan jalan.

Jika rantai dan sproket aus, biasanya ditandai dengan rantai menjadi mulur. Dan ini harus dilakukan penyetelan rantai. Lebih parahnya lagi, rantai bisa menjadi los (lepas dari gear). Baca juga Cara Mengatasi Gear Rantai Belakang Tiger Oblak Longgar.

Nah, sekarang sudah tau penyebab gear rantai aus rusak, lanjutnya ini ada ciri dan tanda gear rantai perlu diganti.

Ciri dan tanda gear rantai aus harus diganti

Permukaan rantai sudah aus. Cara mengeceknya dengan melihat permukaan rantai yang aus. Ciri-ciri rantai aus adalah daya cengkram rantai dengan gear kurang maksimal akibatnya putaran roda tidak normal dan kurang bertenaga.

gear rantai depan

Permukaan gear rantai aus atau gompal. Jika pada gear motor ada yang gompal atau jarak antara mata gear yang satu dengan yang lain sudah tidak sama, maka gear harus diganti.

Rantai mudah kendor. Rantai yang rusaknya jenis begini ini sulit untuk dilakukan penyetelan ulang, walaupun sudah diatur kendor kencengnya rantai berulang-ulang tapi tetap aja kendor molor.

stel rantai roda belakang

Ketegangan rantai tidak stabil. Gejalan rantai mulai aus akan terjadi jida roda belakang diputar, maka rantai akan mengencang dan mengendor dengan sendirinya.

Tarikan motor terasa berat, Tarikan yang berat belum tentu karena masalah pada bagian dalam mesin, namun juga bisa datang dari kondisi rantai dan gear set yang telah aus. Rantai yang aus menyebabkan terjadinya perbedaan selisih waktu antara putaran gear depan dan gear belakang sehingga putaran roda belakang pun menjadi telat.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *