Ini Cara Perawatan Mobil Yang Salah Dan Harus Dihindari

Posted on

#Mobil #TipsOtomotif #PerawatanMobil

Cara Perawatan Mobil Yang Salah Dan Harus Dihindari | Merawat mobil itu gampang-gampang susah. Terkadang, mobil yang jarang dirawat malah berperforma bagus dan mobil yang sering dirawat malah berperforma jelek. Itu kenyataannya.

perawatan kendaraan

Jangan menyepelekan perawatan mobil. Perlakuan yang salah pada saat merawat mobil itu bisa merusak mobil. Tidak heran bila, banyak mobil yang salah perlakuannya dalam perawatan mobil malah berperforma jelek tidak optimal. Inginnya merawat mobil agar tampil baik, malah yang didapat kebalikannya.

Perlu diketahui bahwa, ada beberapa cara perawatan mobil yang harus dihindari. Kalau perlakuan tersebut dilakukan secara terus menerus, malah bisa merusak mobil.

6 cara perawatan mobil yang salah dan harus dihindari

menghilangkan jamur kaca mobil

Menghidupkan AC pada RPM tinggi

Biasakan menghidupkan AC mobil saat mesin berada di RPM rendah atau pada saat mesin idle ketika pedal gas tidak diinjak. Jangan menyalakan AC saat mobil sedang melaju kencang dan RPM tinggi. Cara itu untuk menghindari gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate pada kompresor AC dan kerja mesin menjadi lebih berat.

Mencuci lantai kabin dengan air

Sistem audio video mobil dan ECU mungkin yang paling rentan terhadap perlakuan ini. Sistem elektronikan bisa kemungkinan rusak bila terkena air pada bagian komponen elektronikanya. Kemungkinan paling fatal adalah bodi bawah mobil bisa berkarat. Sebaiknya gunakan lap lembab untuk membersihkan lantai kendaraan. Bisa memakai kanebo yang telah dibasahi.

Memakai deterjen untuk mencuci mobil

Tampilan bodi mobil akan semakin kinclong begitu dicuci menggunakan deterjen. Tapi akibatnya, bahan yang terkandung pada deterjen tersebut dapat merusak warna eksterior. Gunakan shampo khusus mobil.

Balancing & Spooring Seperlunya

Biasanya, pemilik mobil akan melakukan balancing & spooring pada saat diperlukan saja atau saat mobil ada keluhan. Sebaiknya lakukan balancing dan spooring ban mobil setiap 10 ribu atau 20 ribu kilometer. Balancing & spooring juga bisa menekan konsumsi BBM lebih rendah, ban pun tidak cepat menjadi gundul alus.

Menghidupkan mesin di pagi hari sambil menginjak gas

Jangan menginjak pedal gas ketika menghidupkan mesin di pagi hari. Perlakukan ini akan menimbulkan efek yang baik pada kendaraan. Ini karena, pelumas belum sepenuhnya melumuri mesin saat mesin baru dihidupkan. Gesekan yang tiba-tiba tanpa oli ini bisa memperpendek usia mesin.

Tidak pernah servis rutin dan hanya ganti oli

Banyak pemilik mobil hanya melakukan perawatan mobil dengan pergantian oli mobil, perseneling dan gardan saja. Akan tetapi perawatan mobil yang benar adalah melakukan servis rutin disertai ganti oli. Dengan perlakuan begitu, mobil akan tetap awet dan nyaman.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *