Ini Dia Pengalaman Mengenal Macam-Macam Karakter Motor

Posted on

#KarakterMotor #CiriKhasMotor #ReviewMotor

Pengalaman Mengenal Macam-Macam Karakter Motor | Karakter motor pada berbagai merek dan type mempunyai ciri khas sendiri-sendiri. Berbeda tarikan motornya dan berbeda kenyamanan tunggangannya hingga berbeda pula penyakir motor yang ada padanya.

cewek naik motor

Semua motor mempunyai berbagai karakter motor yang berbeda. Untuk mengetahui karakter motor, butuh beberapa pengalaman dalam menungganginya. Beberapa pengalaman mengenal macam-macam karakter motor ini saya ambil dari kaskus. Disana, di share beberapa pengalaman para biker saat menunggangi motornya.

motor roda 2 kaskus

Beberapa pengalaman karakter motor tentang top speed yang pernah di capai, irit atau borosnya konsumsi BBM motor itu, kenyamanan menunggangnya dan masalah yang ada pada motor tersebut.

Karakter Honda GL, Honda Priman, Honda Astrea

Ini tergolong motor jadul Honda (GL, Prima, Astrea dll). Secara general motor ini cocok di pakai untuk jalan santai.

Karakter Yamaha RX King

Karakter Yamaha RX King cukup simpel, parts melimpah dan murah, aksesoris pada masa jayanya melimpah, mesin bandel, tarikan lumayan terutama puteran bawahnya, puteran atas agak ngos-ngosan, tenaga lumayan, enak untuk di modif baik mesin maupun body.

Kelemahan Yamana RX King adalah getaran mesin sangat terasa, apalagi kalau jok motor sudah dipapas. Ini karena sasis masih konvensional, rem gampang seret, sok belakang kurang empuk (khas shock stereo), tangki gampang bocor dan motor ini kondisi standard kurang enak karena knalpotnya nahan. Lebih enak memakai knalpot racing atau bobokan biar plong. Top Speed standar 130-140.

Karakter Yamaha FIZR

Yamaha FIZR ini bisa dibilang versi bebeknya RX King. Kondisi standarnya juga kurang enak mesti memakai knalpot racing atau bobokan. Dengan sedikit ubahan mesin bisa didapat tarikan bawah sangat responsif, rasio pendek-pendek cocok untuk road race, spareparts murah. Getaran mesin sama seperti Yamaha RX King. Top speed standar 110-120.

Karakter Suzuki RGR

Model Suzuki RGR cukup keren pada saat itu (pake fairing). Karakter mesin Suzuki RGR agak jelek di putaran bawahnya, kalau putaran atasnya dapet, parts mahal dan bensin boros. Top Speed standar 140-150.

Karakter Suzuki Satria 120

Motor Suzuki Satria 120 standar udah enak dan memang salah satu yang paling advance teknologinya pada saat itu, monoshock, mesin semi tegak, ayam jago, Double disc brake dll. Dengan sedikit sentuhan modifikasi, motor ini bisa nyaman untuk dikendarai. Suzuki Satria 120 untuk cornering mantap, harga spareparts menengah. Top speed Suzuki Satria 120 standar 120-130.

Karakter Kawasaki Ninja 150 R

Teknologi Kawasaki Ninja 150 R paling maju saat itu, hampir sama dengan generasi NSR dari Honda. Karakter bengis tapi mesin halus karena sudah pakai radiator, puteran bawah atau atas sama-sama kuat, rasio panjang-panjang, stabil bahkan dalam kondisi hujan sekalipun, enak untuk cornering. Kelemahan mesin Kawasaki Ninja 150 R agak ringkih kalau digeber terus menerus, parts agak mahal dan kurang spontang kalau pakai BBM premium. Top speed Kawasaki Ninja 150 R standar 160-180.

Karakter Yamaha Touch

Penampilan Yamaha Touch cukup ramping dan kenceng walaupun mesinnya cuma 125 cc. Kelemahan Yamaha Touch adalah body agak melayang kalau udah top, parts mahal dan susah. Tarikan Yamaha Touch akan lebih enak kalau memakai pertamax. Top speed Yamaha Touch standar 135-150.

Karakter Honda Tiger Revo

Motor dengan rasa yang aneh, model keren dan macho, bensin irit, torsi besar, puteran atas tenaga melimpah, cocok buat jalan jauh/touring, stabil pada kecepatan tinggi. Kelemahan Honda Tiger Revo tarikan awal agak berat, tarikan gas agak berat, body berat, sasis rigid, susah untuk cornering atau zig zag, shock belakang kurang empuk, harga parts menengah, kurang recommend kalau untuk jalan macet. Top speed Honda tiger revo standard 120-135.

kick stater honda tiger ngelos

Karakter Honda Megapro lama (belum starter)

Riding position Honda Megapro terasa nyaman, tarikan gas enak, bensin irit. Kelemahan Honda Megapro tampilan modelnya kurang keren. Top speed Honda Megapro standard 110-120.

Karakter Honda Karisma

Tenaga mesin Honda Karisma cukup besar, bodi lebih stabil dibanding motor bebek lain, BBM irit. Kelemahan Honda Karisma tempilan modelnya kurang ok, rem kurang ok, bodi gampang pecah. Top speed Honda Karisma standard 100-110.

Karakter Suzuki Shogun 125 SP

Tampilan Shogun 125 SP keren, double disc, BBM irit. Kelemahan Shogun 125 SP adalah lampu depan dan belakang gampang pecah, tarikan bawah kurang, pindah gigi RPM sering drop. Top speed Shogun 125 SP standard 100-115.

Karakter Honda Vario 110

Honda Vario 110 nyaman untuk dikendarai, tarikan enak, halus, suspensi enak, bodi stabil, cvt lumayan. Kelemahan Honda Vario 110 adalah ground clearance pendek hingga sering gasruk kalau untuk boncengan dan lewatin di polisi tidur. Top speed Honda Vario 110 standard 95++.

Karakter Yamaha Mio

Yamaha Mio cukup lincah, cocok untuk zig zag, ideal untuk melibas jalan macet. Kelemahan Yamaha Mio adalah bensin agak boros, CVT ringkih, suspensi kurang. Top speed Yamaha Mio standard 95++.

Karakter Yamaha Nouvo (AIS)

Yamaha Nouvo nyaman untuk dikendarai, suspensi enak, jok panjang, kapasitas bagasi besar, ground clearance tinggi , harga jual stabil. Kelemahan Yamaha Nouvo adalah tarikan bawah agak payah, CVT ringkih, kurang enak untuk jalan zig zag. Top speed Yamaha Nouvo standard 95++.

Karakter Yamaha Vixion

Yamaha Vixion  cukup irit BBM, tarikan enteng, mesin halus, sudah injeksi. Kelemahan Yamaha Vixion adalah suspensi depan agak limbung pada saat mengerem, tenaga atas payah. Top speed standard Yamaha Vixion 120++.

Karakter Yamaha Jupiter MX

Yamaha Jupiter MX bisa dibilang versi mini-nya Yamaha Vixion, tarikan enteng, akselarasi cepat, suspensi enak. Top speed Yamaha Jupiter MX standard 115++.

Karakter Honda Scoopy

Honda Scoopy serasa aerodinamis kurang baik karena dipakai  untuk ngebut bisa melayang, dipakai zig zag agak kaku, apalagi buat cornering. Tarikan Honda Scoopy lumayan responsif

Karakter Honda CS1

Tarikan mesin Honda CS1 enteng, bensin irit, suspensi ok, ground clearance agak rendah. Bentuk model Honda CS1 agak jebobok (orang jawa bilang).

Honda CS1

Karakter Honda Vario PGM F1 125

Model Honda Vario PGM F1 125 lumayan keren, body gede, tenaga bagus, bensin irit dengan 1 liter bisa tembus 60 km, starter motor nyaris tak terdengar. Kekurangan Honda Vario PGM F1 125 tidak cocok untuk jalan macet dan jalan tanjakan, untuk tinggi badan pendek kurang nyaman. Top speed Honda Vario PGM F1 125 bisa mencapai 110-115.

Karakter Suzuki Skywave

Tampilan Suzuki Skywave lumayan gede, panjang, cocok buat angkut-angkut, build up quality ok, bahan material ok. Kekurangan Suzuki Skywave adalah sparepart agak susah tapi murah

Karakter Honda Revo

Tarikan mesin Honda Revo cukup baik di putaran atas dan putaran bawah. Kekurangan Honda Revo adalah riding position kurang nyaman. Top speed Honda Revo bisa mencapai 110-115

Karakter Suzuki Satria FU

Mesin Suzuki Satria FU sudah DOHC, putaran atas kenceng, puteran bawah berat, cocok  untuk anak muda ini. Top speed Suzuki Satria FU bisa mencapai 140.

satria hyper underbone

Karakter Yamaha Vega R

Tampilan Vega R cukup minimalis, lampu belakang masih bentuk kotak, bodi ramping, mudah di modifikasi, mesin bandel di kelasnya, tarikan enteng pada putaran tengah. Kelemahan Vega R Old adalah sok depan dan belakang gampang rusak. Top speed Vega R bisa mencapai 90-100.

Karakter Yamaha Vega R New

Secara overall, mesin Vega R New masih mengadaptasi pada mesin Vega R yang lama. Putaran bawah pada mesin Vega R New lebih baik daripada versi sebelumnya. Suara knalpot Vega R New agak cempreng. Top speed Vega R New bisa mencapai 100-110.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *